TEGAL, Jepangnya indonesia

Banyak orang yang mengatakan kalau ditegal semua nya bisa di bikin. Industri rumahanan di kabupaten tegal telah menjamur dan yang paling menonjol adalah industri pengecoran logam. Di tegal banyak terdapat industri logam yang terkenal karena kualitasnya. Perjalanan perkembangan industri di tegal di mulai dari penjajahan jepang. Saat itu tegal oleh jepang dijadikan tempat untuk pembuatan senjata. Dan secara tidak langsung keahlian2 dari jepang ditularkan kepada warga di tegal.

Asal muasal di katakannya tegal sebagai jepangnya indonesia. Ada cerita yang beredar di dalam masyaratkat tegal bahwa pada sekitar tahun 60-an ada produk pompa air yang buatan jepang masuk ke indonesia dan harga pompa air itu sudah mahal. Oleh tangan pengrajin jepang produk tersebut di tiru dan dipasarkan. Untuk perbandingan harga antara yang asl;i dan yang palsu walaupun kualitas sama lebih murah produk tegal. Yang pada akhirnya produk pompa jepang itu tidak bisa laku dipasaran.Tegal terus mengembangkan pengetahuannya dalam perlogaman, tak kenal masa, tak kenal krisis.
Hasil Industri Tegal

Industri logam di Tegal terus naik dan semakin menjadi. pada tahun 1982 Tegal mulai diperhatikan oleh lembaga dunia Asian Development Bank (ADB) dengan membantu dan memfasilitasi pendirian SMK 1 Tegal yang waktu itu direlokasi di Desa Pesarean, Adiwerna dan berganti nama menjadi SMK N 1 Adiwerna (sering disebut SMK ADB, sampai-sampai jika kita browsing di google degnan kata kunci "SMK ADB" yang muncul paling atas adalah website resmi SMK N 1 Adiwerna). 

pada tahun yang sama Pemerintah mendirikan Lingkungan Industri Kecil talang Cempaka Baru (TAKARU) sebagai pusat informasi logam dan pusat penelitian Logam. Dengan pendirian LIK ini membuat pemasaran produk Logam Tegal semakin luas. Dan benar saja, kurun waktu 1990an Logam Tegal diminati perusahaan-perusahaan asal Jepang (mungkin ini terjadi karena Jepang telah mengetahui potensi Tegal di bidang logam sejak mereka menjajah di Indonesia) diantaranya Astra group yang produknya antara lain Honda, Toyota dan Daihatsu. Jadi, di dalam produk Astra itu terdapat komponen asli buatan Tegal. tidak bermaksud promosi produk, namun untuk membuktikan bahwa Tegal punya keunggulan komparatif (keunggulan yang tidak dapat ditemukan di daerah lain).  

Kabar terbaru dari Industri logam Tegal adalah penelitian yang dilakukan institusi dunia World Bank (Bank Dunia) yang salah satu pejabatnya dari indonesia Sri Mulyani (mantan Mentri Keuangan Indonesia.)

0 Response to "TEGAL, Jepangnya indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel