Telaga renjeng, Brebes, Antara mistis dan keindahan

Berlokasi di desa pandan sari, paguyangan kabupaten brebes. Berlokasi dibawah kaki gunung slamet keberadaan telaga renjeng menjadi daya tarik tersendiri. Di dalam telaga renjeng hidup ribuan ikan lele. Padahal didalam telaga tersebut bukan tempat penangkaran ikan lele atau budidaya ikan lele. Telaga renjeng di buat pada tahun 1924 dibuat oleh kolonial belanda dengan tujuan sebagai sumber pengairan untuk sawah- sawah disekitar telaga renjeng.

Lokasi telaga renjeng selain menyejukan dengan hutan pinusnya disitu kita bisa memanjakan mata kita dengan hamparan air dan ribuan ikan lele yang terdapat di dalam telaga renjeng. telaga ini lain dari pada yang lain. Karena didalam telaga inilah hanya ikan lele yang mendominasi. Ada mitos yang beredar di kalangan sekitar bahwa ikan lele tersebut ada lele jelmaan. Dimana kita memancing lele dan membawa pulang maka ada kepercayaan yang beredar kita bisa terkena musibah. 

Lele tersebut bukan tidak boleh dimakan, boleh di makan tapi tidak boleh di bawah pulang. Dimakan nya harus ditempat itu dan bangkai lele dibuang kembali ke dalam telaga. Mitos lain yang beredar bangkai lele yang sudah dimakan kalau dibuang kembali ke dalam telaga akan hidup kembali.
Benar tidaknya cerita tersebut yang jelas telaga renjeng perlu kita lestarikan dari tangan - tangan yang tidak bertanggung jawab. Perjalanan menuju kearah telaga renjeng dilalui bisa dari arah tegal menuju purwokerto. Kita akan melewati daerah kabupaten breben tepatnya di kecamatan paguyangan. Selamat bertraveling.

0 Response to "Telaga renjeng, Brebes, Antara mistis dan keindahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel